MENJELANG IDUL FITRI OSIS, MPK, DAN ROHIS MENGADAKAN KEGIATAN SOSIAL MEMBERSIHKAN MASJID MUSHOLA

 

    Pada hari-hari terakhir di bulan ramadhan, tepatnya pada tanggal 27 April 2022, OSIS MPK SMAN 13 Semarang mengadakan kegiatan bersih-bersih masjid atau mushola yang berada di area sekitar sekolah. Dalam melangsungkan kegiatan, para anggota OSIS MPK terlihat sangat antusias sekali dalam melaksanankan kegiatan. Selain itu, kegiatan ini disambut dengan baik oleh para warga ataupun takmir masjid atau mushola setempat. 

Kegiatan ini dilakukan dengan penjelasan dari sebuah dalam sebuah hadits:

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ 

Artinya: "Kebersihan itu adalah sebagian dari iman." (HR Muslim)

    Pembersihan dilakukan di beberapa lokasi masjid/mushola yang sebelum hari telah ditentukan. Anggota OSIS MPK kemudian dibagi menjadi kedalam beberapa kelompok. Lalu setiap kelompok akan dibagikan lokasi penugasannya. Di setiap kelompok nantinya akan dipilih satu orang yang menjadi koordinator yang memiliki tugas untuk memberikan arahan dalam proses pembersihannya dengan tujuan supaya kegiatan dapat berjalan efektif.

    Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, tentu ada banyak manfaat yang dapat diperoleh. Dengan terjaganya kebersihan masjid atau mushola, maka secara otomatis  akan membuat nyaman bagi siapapun yang ingin melaksanakan ibadah di tempat tersebut. Kemudian manfaat lain yang didapat yaitu ialah tumbuhnya rasa sikap kepedulian terhadap masyarakat di sekitar lingkungan SMAN 13 Semarang. Dan yang terakhir, dari kegiatan ini nantinya hubungan anggota-anggota OSIS MPK akan terjalin semakin erat.