Kegiatan Bulan Bahasa Tahun 2022

Untuk memperingati Bulan Bahasa, OSIS MPK SMAN 13 Semarang mengadakan lomba sebagai wujud kecintaan sekaligus rasa hormat kepada bahasa nasional. Perlombaan ini diadakan pada Rabu, 26 Oktober 2022. Kegiatan ini terlaksana secara lancar tanpa halangan apapun. 

Lomba yang diadakan ada 4 macam yaitu :

1.) Lomba Puisi 

Lomba ini diadakan di Lab Komputer SMAN 13 Semarang. Puisi yang rata rata berjumlah 3 sampai 3 bait disetiap peserta itu, mampu membuat juri juri kagum dengan kemampuan para siswa siswi SMAN 13 Semarang dalam membacakan sebuah karya tulis tangan.

Pemenang dari perlombaan ini adalah : 

  1. Juara 1 : Mita dhiya handini (XE3)
  2. Juara 2 : R. R Sharla (XII A4)
  3. Juara 3 : Cintia dinda lestari (XII S2)

2.) Lomba Macapat 

Lomba ini diadakan di ruang media SMAN 13 Semarang. Macapat (bahasa Jawa: ꦩꦕꦥꦠ꧀) adalah tembang atau puisi tradisional Jawa. Setiap bait macapat mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata (guru wilangan) tertentu, dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu. 

Tembang Macapat merupakan salah satu kelompok tembang yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh orang Jawa. Lomba tembang macapat digelar bertujuan untuk melestarikan tradisi dan sebagai wadah kompetisi untuk belajar di bidang seni. Selain itu, lirik tembang macapat mengandung makna yang sarat akan nasionalisme dan pendidikan karakter. 

Seperti yang kita tau, tembang macapat merupakan kesenian khas jawa yang patut untuk kita lestarikan dengan seiring perkembangan zaman. Maka dengan itu OSIS MPK SMAN 13 Semarang ikut serta dalam melestarikan budaya Jawa yang ada dengan adanya Lomba Macapat dalam Bulan Bahasa kali ini.

Pemenang dari perlombaan ini adalah : 

  1. Juara 1 : Annisa Meinika Trihapsari (X E1)
  2. Juara 2 : Navita Indi Yani (XII A4)
  3. Juara 3 : Josita Marcha Maulina ( X E3)

3.) Poster Digital 

Lomba poster digital diadakan secara online dan pengumpulan secapa posting melalui instagram kelas masing-masing. Poster merupakan salah satu media yang biasa digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Kali ini kami membuat cara yang berbeda dalam penyampaian informasi, yaitu dengan adanya poster digital. Semakin berkembangnya teknologi, saat ini poster tidak hanya bisa ditemui di pinggir-pinggir jalan, namun juga sudah banyak tersebar di internet, khususnya di media sosial. Kreatifitas siswa siswi yang perlu diasah untuk menciptakan sebuah karya dalam bentuk digital, membuat kami OSIS MPK SMAN 13 Semarang sepakat mengadakan lomba yang mengasah kreatifitas murid dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang dengan cepat.

Pemenang dari perlombaan ini adalah : 

1. Juara 1

X E3

- Atina Balqis Izza

- Rafael Ramadhan

2. Juara 2

XII MIPA 4

- Humam Nasywa Fawazi

- Dian Saputri

3. Juara 3

XI MIPA 3

- Rinjani Natalia

- Belvannia Levina Celesta


4.) Lomba Pidato 3 Bahasa

Lomba Pidato 3 Bahasa dilakukan di aula SMAN 13 Semarang. Menggunakan tiga bahasa yang berbeda dan dengan berbagai tema yang menarik sehingga para audiens dan juri akan kagum lalu menilai siapa siswa - siswi yang dapat menyampaikan pidato dengan public speaking yang baik. Tiga Bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Dan Bahasa Indonesia. Bahasa Jawa digunakan dalam lomba ini sebagai bentuk pelestarian budaya karena Bahasa Jawa adalah bahasa daerah Jawa Tengah yang termasuk ke dalam muatan lokal Jawa Tengah. Kedua ada Bahasa Inggris, Bahasa inggris digunakan dalam lomba ini karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional maka diharapkan dengan digunakannya bahasa ini dalam lomba pidato akan mengasah kemampuan bahasa inggris dari para siswa. Ketiga ada Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia digunakan karena Bahasa Indonesia adalah bahasa Nasional dari bangsa Indonesia dan disebut sebagai bahasa persatuan bagi Bangsa Indonesia.

Pemenang dari perlombaan ini adalah : 

1. Juara 1 

XII MIPA 3 

- Muhammad Rozzaq Sembada 

- Annora Tsaniya Yu’ammar

- Queencyla Anggika Zahra 

2. Juara 2 

XII IPS 2 

- Kezia Carolina

- Meisya Puji H

- Ilham Dwi P

3. Juara 3 

XI IPS 4 

- Claresta Cinta Anandita Asmoro

- Zayyanah Dzatir Rajwa 

- Revalina Anatasya Setiawan