GERAKAN BELI DAN MAKAN BUAH LOKAL SMAGALAS

Sebagai bentuk menghargai dan mencintai produksi lokal, SMAN 13 Semarang pada Kamis, 10 Februari 2022 melaksanakan kegiatan "Gemar Beli Dan Makan Buah Lokal" Budaya makan buah lokal diharapkan bisa meningkatkan perekonomian para petani buah lokal serta mencintai produk lokal disekitar para siswa.

Sebanyak 830 pelajar SMAN 13 Semarang mengikuti gerakan membeli dan makan buah lokal khas Indonesia. Setiap kelas mengirimkan buah-buahan lokal ke sekolah sebagai bentuk apresiasi bagi para petani buah. Seiring penerapan pembelajaran jarak jauh, kegiatan makan buah lokal tetap dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai aksi nyata terhadap profil pelajar pancasila. Pelepasan balon digunakan sebagai tanda dibukanya kegiatan membeli dan memakan buah lokal. Tidak hanya membeli dan memakan buah lokal, tetapi juga melakukan kegiatan senam jingle atau flashmob yang bertujuan untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

"Ditumbuhkanlah di generasi muda kearifan lokal sifat kritis, kreatif. Kemudian mereka berpartisipasi dalam membangun kemandirian ekonomi rakyat. Sekecil apapun mereka punya paradigma itu, karena mereka nanti kedepannya adalah para pemilik bangsa. Jadi kita semai lah karna apa? abad ke-21 itu kan semua tempat adalah ruang kelas. Mereka belajar di para petani, di acara gerakan ini." Ujar bapak Rusmiyato S, Pd M, Pd kepala sekolah SMAN 13 Semarang.

Semangat membudayakan memakan buah-buahan lokal yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian para petani buah lokal, serta mencintai produk lokal yang ada di daerah sekitar para siswa.